Pages

Sabtu, 09 April 2011

PENGERTIAN STATISTIK MENURUT PARA AHLI


PENGERTIAN STATISTIK MENURUT PARA AHLI


Statistik adalah cara untu mengolah data dan menarik kesimpulan-kesimpulan yang teliti dan keputusan-keputusan yang logik dari pengolahan data. (Prof.Drs.Sutrisno Hadi,MA)

Statistik adalah sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan(Analisis), penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu. (Prof.Dr.H.Agus Irianto)

Statistik adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk data, yaitu tentang pengumpulan, pengolahan, penganalisisa, penafsiran, dan penarikan kesimpulan dari data yang berbentuk angka. (Ir.M.Iqbal hasan,MM)

Statistik adalah metode yang memberikan cara-cara guna menilai ketidak tentuan dari penarikan kesimpulan yang bersifat induktif. (Stoel dan Torrie)

Statistik adalah metode/asas-asas mengerjakan/memanipulasi data kuantitatif agar angka-angka tersebut berbicara.(Anto dajan)
Statistik diartikan sebagai data kuantitatif baik yang masih belum tersusun maupun yang telah tersusun dalam bentuk table. (Anto dajan)

Statistik adalah studi informasi dengan mempergunakan metodologi dan teknik-teknik perhitungan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan praktis yang muncul di berbagai bidang. (Suntoyo Yitnosumarto)




PENGERTIAN DATA


Data dalah informasi yang di terima yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata atau dalam bentuk lisan ataupun tulisan. (Andi supangat)

Data adalah bagian dari populasi, baik di tinjau dari banyak variable maupun di tinjau dari jumlah individunya. (I Gusti ngurah agung)

Data adalah keterangan-keterangan tentang suatu hal dapat berupa sesuatu yang di ketahui atau di anggap. (Ir.M.Iqbal hasan, MM)

Data adalah informasi yang di perlukan untuk membantu kita dalam membuat keputusan dalam situasi tertentu. (Abdul hakim)

Data adalah kumpulan keterangan atau informasi yang di peroleh dari suatu penguatan, dapat berupa angka, lambang atau sifat.(Kuswandi Erna Mutiara)

 


DAFTAR PUSTAKA

Dajan,Anton, 1986. Pengantar statistic jilid I. Jakarta. LP3ES
Hadi, sutrisno, 1989. Statistik 1. Yogyakarta. Andi offset
Hasan,Iqbal, 2008. Materi statistik I. Jakarta. Bumi aksara
Hakim,Abdul, 2001.Statistik deskriptif. Yogyakarta. Ekonisia
Irianto, Agus, 2004. Statistik konsep dasar dan apliaksinya. Jakarta. Prenada
            media group
Supangat,Andi, 2008. Statistik dalam kajian deskriptif, Inferensi, dan non
            parametik. Jakarta. Prenada media group.
Yitnosumarto,Suntoyo, 1990. Dasar-dasar statistik. Jakarta. Rajawali

2 komentar: