Pages

Senin, 14 Februari 2011


SATUAN LAYANAN

BIMBINGAN DAN KONSELING


Tugas Perkembangan : 1
Mencapai Kematangan Dalam Beriman dan Bertaqwa
 kepada Tuhan yang Maha Esa

Sekolah                          :
Kelas/Semester             :
Tahun                            : 2005 - 2006
  
   A.  Bahasan/Topik
        Permasalahan                :  Nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
   B. Bidang bimbingan        :  Sosial
   C. Jenis layanan               :  Informasi
   D. Fungsi layanan             :  Pemahaman
   E. Kompetensi
       yg ingin dicapai             :  Siswa dapat memahami nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
   F.  Uraian Kegiatan   
      1. Strategi penyajian      :  Klasikal (ceramah, tanya jawab, diskusi)
      2. Materi                         :  1.     Pengertian nilai-nilai ajaran agama
                                                  2.     Pentingnya nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
   G. Tempat
        penyelenggaraan          :  Ruang kelas
   H. Alokasi waktu               :  1 x 45 menit
   I.   Pihak yang
        disertakan/Peran         :  Guru agama/penyaji
   J.  Alat dan perlengkapan :  OHP, alat tulis, buku sumber
   K. Rencana Penilaian        :  laiseg, laijapen, laijapan
   L.  Rencana Tindak lanjut :  -  Melaksanakan bimbingan kelompok
                                                  -  Melaksanakan konseling individu
   M. Catatan khusus           : 


                                                                        Parung, 30 September 2006
   Kepala Sekolah                                           Guru Pembimbing

   _________________                                      __________________
   NIP                                                              NIP






PENILAIAN KEBERHASILAN
LAYANAN BK

Tugas Perkembangan  1 : Mencapai kematangan dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
Kelas/Semester                      :     X/1
Bidang bimbingan                 :     Sosial
Jenis layanan                         :     Informasi
Topik Bahasan                      :     Nilai-nilai ajaran yang terkandung dalam agama
Isi Materi                               :     1. Pengertian nilai-nilai ajaran agama
                                                    2. Pentingnya nilai-nilai ajaran agama

Penilaian                                :     Laiseg
Instrumen penilaian               :     Angket
                                                   

        Angket

No
Pertanyaan
Jawaban
Sering
Kadang2
Tdk pernah
1.
Melaksanakan ibadah wajib dengan baik



2.
Menghindari larangan-larangan agama



3.
Mengajak dan mentraktir teman ke kantin



4.
Menyumbang untuk pembangunan tempat ibadah



5.
Menolong teman yang terkena musibah



6.
Ikut merasakan penderitaan orang lain



7.
Mengagumi  ciptaan tuhan



8.
Mensyukuri rahmat dan nikmat yang  di karuniai oleh Tuhan Yang Maha Esa



9.
Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan



10.
Meningkatkan kualitas ibadahnya
















SATUAN LAYANAN

BIMBINGAN DAN KONSELING


Tugas Perkembangan : 2
Mencapai Kematangan Dalam Hubungan Teman Sebaya
Serta Kematangan dalam peranannya sebagai pria atau wanita

Sekolah                          :
Kelas/Semester             : XI / 2
Tahun                            : 2005 - 2006
  
   A.  Bahasan/Topik
        Permasalahan                :  Etika pergaulan dengan teman sebaya
   B. Bidang bimbingan        :  Sosial
   C. Jenis layanan               :  Informasi
   D. Fungsi layanan             :  Pemahaman
   E. Kompetensi
       yg ingin dicapai             :  Siswa dapat memahami pentingnya etika pergaulan antara pria dan wanita
   F.  Uraian Kegiatan   
      1. Strategi penyajian      :  -  Guru pembimbing memberikan penjelasan kepada siswa
-     Dilanjutkan diskusi kelompok
-     Diadakan kesimpulan dari hasil diskusi kelompok
      2. Materi                         :  1.     Batas pergaulan pria atau wanita
                                                  2.     Cara menempatkan diri dalam pergaulan antara pria dan wanita
   G. Tempat
        penyelenggaraan          :  Ruang kelas
   H. Alokasi waktu               :  2 x 45 menit
   I.   Pihak yang
        disertakan/Peran         : 
   J.  Alat dan perlengkapan :  Papan tulis, buku sumber
   K. Rencana Penilaian        :  laiseg, laijapen, laijapan
   L.  Rencana Tindak lanjut :  -  Konseling perorangan
   M. Catatan khusus           : 


                                                                        Parung, 30 September 2006
   Kepala Sekolah                                           Guru Pembimbing

   _________________                                      __________________
   NIP                                                              NIP




PENILAIAN KEBERHASILAN
LAYANAN BK

Tugas Perkembangan  2 : Mencapai kematangan dalam hubungan teman sebaya serta kematangan dalam perananya sebagai pria dan wanita
Kelas/Semester                      :     XI/2
Bidang bimbingan                 :     Sosial
Jenis layanan                         :     Informasi
Topik Bahasan                      :     Etika pergaulan dengan teman sebaya
Isi Materi                               :     1. Batas-batas pergaulan pria atau wanita
                                                    2. Cara menempatkan diri dalam pergaulan antara pria atau wanita
Penilaian                                :     Laiseg, laijapen, laijapang
Instrumen penilaian               :     Angket
                                                    Questionare

I.      Angket


No

Pernyataan
Jawaban
Sering
Kadang-kadang
Tidak Pernah
1.
Saya bersahabat dengan teman yang sejalan dengan saya




2.
Saya bersikap jujur dalam bersahabat




3.
Saya tidak mau tahu perasaan teman-teman saya




4.
Saya akan menerima teman apa adanya




5.
Saya kadang benci dengan sikap teman saya




6.
Saya mengungkapkan isi hati saya pada teman yang paling aku percaya




7.
Saya berusaha mengerti dengan teman saya




8.
Saya bergaul dengan teman tertentu saja




9.
Saya bergabung kegiatan yang saya senangi




10.
Saya curiga dengan teman yang belum saya kenal









II.    Questioner

1.      Sikap yang diharapkan dari seorang pria dalam pergaulan
      -
-
-
-
-

2.      Sikap yang diharapkan oleh seorang seorang perempuan
      -
-
-
-
-

3.      Tuliskan motivasi Anda menghargai teman lawan jenis Anda
      -
-
-
-
-

4.      Tuliskan norma-norma yang membatasi pergaulan dengan lawan jenis
-
-
-
-
-



SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DANKONSELING

Tugas Perkembangan 3

Mencapai kematangan pertumbuhan jasmani yang sehat


Sekolah                       : SMA
Kelas/Semester           : X / 2
Tahun                         : 2005/2006

      A.  Bahasan/                                 
            Topik/Permasalahan                   :     Contoh-contoh pentingnya kondisi jasmani yang sehat
                                                                     dalam hubungan sosial
      B.  Bidang Bimbingan                     :     Sosial
      C.  Jenis Layanan                             :     Informasi
      D.  Fungsi Layanan                          :     Pemahaman
      E.   Kompetensi yang ingin              :     Mengetahui cara mengelola sampah
            Dicapai                                            
      F.   Uraian Kegiatan                         :    
            1.   Strategi Penyajian                :     Klasikal (ceramah, tanya jawab)
            2.   Materi                                   :     Cara-cara pengelolaan sampah yang baik
      G.  Tempat Penyelenggaraan           :     Di dalam kelas / di luar kelas
      H   Alokasi Waktu                           :     1X 45 menit
      I.    Pihak yang Disertakan/
            Peran                                          :     -
      J.    Alat dan Perlengkapan               :     -
      K.  Rencana Penilaian                      :     Ket. proses
            Rencana Tindak Lanjut              :     a. Bimbingan kelompok
                                                                     b. -
      L.   Catatan Khusus                          :     -


                                                                                                     ……………………….2005
      Kepala Sekolah                                                                     Guru Pembimbing



                                                                                                                       
      NIP                                                                                       NIP












PENILAIAN KEBERHASILAN
LAYANAN BK

Tugas Perkembangan  3 : Mencapai kematangan pertumbuhan jasmani yang sehat
Kelas/Semester                      :     X/1
Bidang bimbingan                 :     Sosial
Jenis layanan                         :     Informasi
Topik Bahasan                      :     Contoh-contoh pentingnya kondisi jasmani yang sehat dalam hubungan sosial
Isi Materi                               :     Cara-cara pengelolaan sampah yang baik
Penilaian                                :     Laiseg, laijapen
Instrumen penilaian               :     Angket
                                                   

I.      Angket

No
Pernyataan
Jawaban
Sering
Kadang-kadang
Tidak Pernah
1.
Membuang sampah pada tempatnya



2.
Memisahkan sampah yang kering dengan yang basah



3.
Membakar sampah yang kering



4.
Menanam sampah basah



5.
Memanfaatkan sampah yang masih bisa digunakan/mendaur ulang



6.
Berpikir untuk mendaur ulang sampah



7.
Pernah membuat kompos



8.
Membersihkan sampah yang berserakan



9.
Menegur orang lain yang tidak membuang sampah pada tempatnya






SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Tugas Perkembangan 4:
(Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum,
persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas)

Sekolah                : SMA
Kelas/Semester   : X/1,2
Tahun                  :2005/2006

       A.  Bahasan/ Topik Permasalahan    : Informasi Perguruan Tinggi.
       B. Bidang Bimbingan                       : Pribadi
       C. Jenis Layanan                              : Informasi
       D. Fungsi Layanan                           : Pemahaman
       E.  Kompetensi yang ingin dicapai    : Siswa memahami tentang macam-macam Perguruan Tinggi
       F.  Uraian Kegiatan
            1.  Strategi Penyajian                     :    Klasikal, informasi, Tanya jawab
                                                                  
            2.  Materi                                      : 1. Pengertian perguruan tinggi
                                                                   2. Jenis-jenis perguruan tinggi
                                                                   3. Status perguruan tinggi
                                                                  
       G. Tempat Penyelenggaraan             : Ruang kelas
       H. Alokasi Waktu                              : 2 x 45 menit
       I.   Pihak yang disertakan/Peran      : Siswa X
       J.  Alat dan Perlengkapan                 : OHP, buku panduan Perguruan Tinggi
       K. Rencana Penilaian                       : Penilaian proses
       L.  Rencana Tindak Lanjut                : a.  Konseling individu
                                                                   b.  Konseling kelompok
       M. Catatan Khusus                           :
      
                                                                        …….., ……………...2004
       Kepala Sekolah                                        Guru Pembimbing

       ……………………..                                     ……………………….
       NIP                                                           NIP





SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Tugas Perkembangan 4:
((Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum,
persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas)


Sekolah                : SMA
Kelas/Semester   : XI
Tahun                  :2005/2006

       A.  Bahasan/ Topik Permasalahan    : Mengenal macam-macam fakultas dan jurusan di Perguruan Tinggi
       B. Bidang Bimbingan                       : Pribadi
       C. Jenis Layanan                              : Informasi
       D. Fungsi Layanan                           : Pemahaman
       E.  Kompetensi yang ingin dicapai    : Siswa mendapat pengetahuan tentang macam-macam fakultas dan jurusan di  Perguruan Tinggi
       F.  Uraian Kegiatan
            1.  Strategi Penyajian                     :    Klasikal, informasi, Tanya jawab, diskusi
                                                                  
            2.  Materi                                      : -    Macam-macam fakultas
                                                                   -    Prospek Perguruan Tinggi
                                                                  
       G. Tempat Penyelenggaraan             : Ruang kelas
       H. Alokasi Waktu                              : 2 x 45 menit
       I.   Pihak yang disertakan/Peran      : Siswa X I
       J.  Alat dan Perlengkapan                 : OHP, buku panduan Perguruan Tinggi
       K. Rencana Penilaian                       : Penilaian proses
       L.  Rencana Tindak Lanjut                : a.  Bimbingan kelompok
                                                                   b.  Konseling kelompok
       M. Catatan Khusus                           :
      
                                                                        …….., ……………...2004
       Kepala Sekolah                                        Guru Pembimbing

       ……………………..                                     ……………………….
       NIP                                                           NIP




SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Tugas Perkembangan 4:
((Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum,
persiapan karir dan melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas)


Sekolah                : SMA
Kelas/Semester   : XII
Tahun                  :2005/2006

       A.  Bahasan/ Topik Permasalahan    : Memanfaatkan Teknologi.
       B. Bidang Bimbingan                       : Pribadi
       C. Jenis Layanan                              : Informasi
       D. Fungsi Layanan                           : Pemahaman
       E.  Kompetensi yang ingin dicapai    : Siswa dapat menerapkan  teknologi sesuai dengan perkembangan zaman
       F.  Uraian Kegiatan
            1.  Strategi Penyajian                     :    Klasikal, informasi, Tanya jawab
                                                                  
            2.  Materi                                      : Teknologi informasi
                                                                  
       G. Tempat Penyelenggaraan             : Ruang kelas
       H. Alokasi Waktu                              : 2 x 45 menit
       I.   Pihak yang disertakan/Peran      : Siswa XII
       J.  Alat dan Perlengkapan                 : OHP,
       K. Rencana Penilaian                       : Penilaian proses
       L.  Rencana Tindak Lanjut                : a.  Bimbingan individu
                                                                   b. 
       M. Catatan Khusus                           :
      
                                                                        …….., ……………...2004
       Kepala Sekolah                                        Guru Pembimbing

       ……………………..                                     ……………………….
       NIP                                                           NIP



PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK



       Tugas Perkembangan        :     Mengembangkan penguasaan ilmu teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dalam melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang luas

         Kelas/Semester                  :     X

         Topik Bahasan                  :     Mengenal macam-macam Perguruan Tinggi

         Bidang Bimbingan            :     Pribadi

         Jenis Layanan                    :     Informasi

         Isi Materi                           :     1.   Macam-macam jenis Perguruan Tinggi Negeri
                                                         2.   Macam-macam jenis Perguruan Tinggi Swasta

         Penilaian                                  -     Laiseg
                                                         -     Laijapen
                                                         -     Laijapang

         Angket
No
Pernyataan
Jawaban
Sangat Paham
Paham
Tidak Paham
1.

2.

3

4.

5.

6.

7.

8.

9.
Macam-macam Perguruan Tinggi di Indonesia
Macam-macam jenis Perguruan Tinggi di Indonesia
Macam-macam fakultas di Perguruan Tinggi
Macam-macam jurusan di Perguruan Tinggi
Macam-macam jenjang perguruan tinggi
Sistem perkuliahan di Perguruan TInggi
Macam-macam jabatan di Perguruan Tinggi
Macam-macam fakultas di Perguruan Tinggi
Prospek di Perguruan Tinggi
Praktek perkulian (PKL, KKN)







PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK


       Tugas Perkembangan        :     Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dalam melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas.

         Kelas/Semester                  :     XI

         Topik Bahasan                  :     Mengenal macam-macam Fakultas/jurusan di Perguruan Tinggi

         Bidang Bimbingan            :     Pribadi

         Jenis Layanan                    :     Informasi

         Isi Materi                           :     1.   Macam-macam fakultas/jurusan di Perguruan Tinggi
                                                        
         Penilaian                                  -     Laiseg
                                                         -     Laijapen
                                                         -     Laijapang

         Angket
No
Pernyataan
Jawaban
Sangat Paham
Paham
Tidak Paham
1.

2.

3

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10

11

Macam-macam Fakultas/jurusan teknik
Macam-macam Fakultas/jurusan pertanian
Macam-macam Fakultas/Jurusan Peternakan
Macam-macam Fakultas/jurusan Perikanan
Macam-macam Fakultas/jurusan Kedokteran
Macam-macam Fakultas/Jurusan Ekonomi
Macam-macam Fakultas/jurusan Ilmu Alam
Macam-macam Fakultas/Jurusan Ilmu Sosial
Macam-macam Fakultas/jurusan Bahasa dan Sastra
Macam-macam Fakultas/jurusan Informatika
Macam-macam Fakultas/Jurusan Farmasi




PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK


       Tugas Perkembangan 4     :     Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dalam melanjutkan pendidikan tinggi serta berperan dan kehidupan masyarakat yang lebih luas

         Kelas/Semester                  :     XII

         Topik Bahasan                  :     Memanfaatkan Teknologi

         Bidang Bimbingan            :     Pribadi

         Jenis Layanan                    :     Informasi

         Isi Materi                           :     Teknologi Informasi                                                                             
         Penilaian                                  -     Laiseg
                                                         -     Laijapen
                                                         -     Laijapang

         Instrumen Penilaian          :     Angket

   
No
Pernyataan
Jawaban
Sangat Paham
Paham
Tidak Paham
1.
2.
3
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10

Penggunaan Radio dan TU
Penggunaan Telepone
Penggunaan Handphone
Penggunaan HT (Handy Talky)
Penggunaan OHP (Overhead Projector)
Penggunaan LCD (Lycuid Crystal Dissplay)
Penggunaan Computer
Penggunaan Informasi dari Internet
Penggunaan Parabola
Penggunaan Satelit













SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Tugas Perkembangan 5:
(Mencapai Kematangan dalam Pilihan Karir)

Sekolah                : SMA
Kelas/Semester   : X/1,2
Tahun                  :2005/2006

       A.  Bahasan/ Topik Permasalahan    : Memilih Jurusan di SMA yang sesuai dengan bakat dan minat.
       B. Bidang Bimbingan                       : Pribadi
       C. Jenis Layanan                              : Informasi
       D. Fungsi Layanan                           : Pemahaman
       E.  Kompetensi yang ingin dicapai    : Siswa mampu memilih jurusan di SMA yang sesuai dengan bakat dan minat
       F.  Uraian Kegiatan
            1.  Strategi Penyajian                     :    Klasikal :
                                                                   a. Menyiapkan siswa untuk memasuki
                                                                      proses pemberian layanan.
b.    Penjelasan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan.
c.     Pengisian tentang penjajakan angket penjurusan. 
                                                                  
            2.  Materi                                      : a. Syarat-syarat akademis program IPA
                                                                    b. Syarat-syarat akademis program IPS
                                                                   c.  Syarat-syarat akademis program BHS

       G. Tempat Penyelenggaraan             : Ruang kelas
       H. Alokasi Waktu                              : 2 x 45 menit
       I.   Pihak yang disertakan/Peran      : Siswa X
       J.  Alat dan Perlengkapan                 : OHP, Kurikulum, Papab Tulis, Spidol, Kertas.
       K. Rencana Penilaian                       : Laiseg, Laijapen,Laijapang
       L.  Rencana Tindak Lanjut                : a.  Bimbingan individu
                                                                   b.  Bimbingan kelompok
                                                                   c.  Pengisian Angket Penjurusan
       M. Catatan Khusus                           : Mempertimbangkan Prestasi Akademik
      
                                                                        …….., ……………...2004
       Kepala Sekolah                                        Guru Pembimbing

       ……………………..                                     ……………………….
       NIP                                                           NIP



SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Tugas Perkembangan 5:
((Mencapai Kematangan dalam Pilihan Karir)

Sekolah                : SMA
Kelas/Semester   : XI/1,2
Tahun                  :2005/2006

       A.  Bahasan/ Topik Permasalahan    : Memilih Kegiatan Ekstra Kurikuler
       B. Bidang Bimbingan                       : Pribadi
       C. Jenis Layanan                              : Informasi
       D. Fungsi Layanan                           : Pemahaman
       E.  Kompetensi yang ingin dicapai    : Siswa mampu memilih kegiatan ekstrakurikuler yang tepat
       F.  Uraian Kegiatan
            1.  Strategi Penyajian                     : Klasikal :
                                                                   a. Menyiapkan siswa untuk memasuki
                                                                      proses pemberian layanan.
b.   Pemberian layanan informasi tentang berbagai kegiatan ekstrakurikuler
c.    Pengisian tentang penjajakan angket pemilihan ekstrakurikuler. 

                     
            2.  Materi                                      : -Macam-macam kegiatan ekstrakurikuler
                                                                   -Ekstrakurikuler yang mendukung karir
                                                                   - Kiat-kiat mencapai prestasi di bidang
                                                                     ekstrakurikuler
                                                                  
       G. Tempat Penyelenggaraan             : Ruang kelas
       H. Alokasi Waktu                              : 2 x 45 menit
       I.   Pihak yang disertakan/Peran      : Bagiankesiswaan,Koordinator Ekstrakurikuler
       J.  Alat dan Perlengkapan                 : OHP, Papan Tulis, Angket
       K. Rencana Penilaian                       : Laiseg, Laijapen, Laijapang
       L.  Rencana Tindak Lanjut                : a.  Bimbingan kelompok
                                                                   b.  Konseling kelompok
       M. Catatan Khusus                           :
      
                                                                        …….., ……………...2004
       Kepala Sekolah                                        Guru Pembimbing

       ……………………..                                     ……………………….
       NIP                                                           NIP



SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Tugas Perkembangan 5:
((Mencapai Kematangan dalam Pilihan Karir)

Sekolah                : SMA
Kelas/Semester   : XII/1,2
Tahun                  :2005/2006

       A.  Bahasan/ Topik Permasalahan    : Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi
       B. Bidang Bimbingan                       : Pribadi
       C. Jenis Layanan                              : Orientasi, Informasi
       D. Fungsi Layanan                           : Pemahaman
       E.  Kompetensi yang ingin dicapai    : Siswa mampu memilih Jurusan di Perguruan Tinggi yang sesuai dengan bakat dan minat
       F.  Uraian Kegiatan
            1.  Strategi Penyajian                     : Klasikal :
                                                                   a. Menyiapkan siswa untuk memasuki
                                                                      proses pemberian layanan.
b.   Pemberian layanan informasi tentang berbagai jurusan yang ada di Perguruan Tinggi
c.    Pengisian tentang penjajakan angket pemilihan Jurusan/Perguruan Tinggi. 
      
            2.  Materi                                      : a. Perguruan Tinggi yang ada di
                                                                       Indonesia.
                                                                    b. Penjenjangan Perguruan Tinggi
                                                                    c. Pengelompokan program studi
                                                                       menurut jenjangnya.
                                                                                                                            
       G. Tempat Penyelenggaraan             : Ruang kelas
       H. Alokasi Waktu                              : 3 x 45 menit
       I.   Pihak yang disertakan/Peran      : PT/PTS
       J.  Alat dan Perlengkapan                 : OHP, Papan Tulis, Brosur
       K. Rencana Penilaian                       : Laiseg, Laijapen, Laijapang
       L.  Rencana Tindak Lanjut                : a.  Bimbingan kelompok
                                                                   b.  Konseling individu
       M. Catatan Khusus                           : Mengundang Narasumber dari PTN/PTS
      
                                                                        …….., ……………...2004
       Kepala Sekolah                                        Guru Pembimbing

       ……………………..                                     ……………………….
       NIP                                                           NIP



SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Tugas Perkembangan 5:
((Mencapai Kematangan dalam Pilihan Karir)

Sekolah                : SMA
Kelas/Semester   : XII/1,2
Tahun                  :2005/2006

       A.  Bahasan/ Topik Permasalahan    : Memilih Pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat
       B. Bidang Bimbingan                       : Pribadi
       C. Jenis Layanan                              : Orientasi, Informasi
       D. Fungsi Layanan                           : Penyaluran
       E.  Kompetensi yang ingin dicapai    : Siswa mampu memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat
       F.  Uraian Kegiatan
            1.  Strategi Penyajian                     : Klasikal :
                                                                   a. Menyiapkan siswa untuk memasuki
                                                                      proses pemberian layanan.
b.   Pemberian layanan informasi tentang berbagai jenis lapangan kerja
c.    Pengisian tentang penjajakan angket pemilihan pekerjaan. 
      
            2.  Materi                                      : a. Macam-macam profesi.
                                                                    b. Macam-macam lapangan pekerjaan
                                                                    c. Mengikuti pelatihan-pelatihan yang
                                                                       sesuai dengan bakat dan minat.
                                                                                                                            
       G. Tempat Penyelenggaraan             : Ruang kelas
       H. Alokasi Waktu                              : 3 x 45 menit
       I.   Pihak yang disertakan/Peran      : Disnaker, BLK
       J.  Alat dan Perlengkapan                 : OHP, Papan Tulis, Brosur,Angket
       K. Rencana Penilaian                       : Laiseg, Laijapen, Laijapang
       L.  Rencana Tindak Lanjut                : a.  Bimbingan kelompok
                                                                   b.  Konseling individu
                                                                   c.  Mengikuti pelatihan
       M. Catatan Khusus                           : Presentasi dari seorang tokoh yang sukses

                                                                             …….., ……………...2004
       Kepala Sekolah                                        Guru Pembimbing

       ……………………..                                     ……………………….
       NIP                                                           NIP



PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK

       Tugas Perkembangan 5     :     Mencapai kematang dalam pilihan karir

         Kelas/Semester                  :     X, XI,  /1,2

         Topik Bahasan                  :     Memilih kegiatan ekstrakurikuler

         Bidang Bimbingan            :     Pribadi

         Jenis Layanan                    :     Informasi, Orientasi

         Isi Materi                           :     1.   Macam-macam kegiatan ekstrakurikuler
2.      Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung karir
3.      Kiat-kiat mencapai prestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler

         Penilaian                                  -     Laiseg
                                                         -     Laijapen
                                                         -     Laijapang
         Instrumen Penilaian          :     Angket

        
No
Pernyataan
Jawaban

Ya
Tidak
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
Memahami jenis dan macam kegiatan ekstrakurikuler
Mengikuti beberapa jenis kegiatan ekskul
Mengikuti ekskul olah raga
Mengikuti ekskul bahasa asing
Mengikuti ekskul komputer
Mengikuti ekskul musik
Mengikuti ekskul vocal group
Mengikuti ekskul keterampilan menjahit
Kegiatan ekstrakurikuler bisa mendukung kegiatan karir
Melaksanakan ekstra dengan tekun
Mendapat dukungan dari orang tua untuk mengikuti ekskul
Kesulitan memilih kegiatan ekskul
Ada kesesusian kegiatan ekstra dengan pilihan karir
Mengembangkan ekskul untuk mengembangkan prestasi
Pilihan karir relevan dengan kegiatan ekskul














PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK

       Tugas Perkembangan 5     :     Mencapai kematangan dalam pilihan karir

         Kelas/Semester                  :     XII/1

         Topik Bahasan                  :     Memilih jurusan di Perguruan Tinggi yang tepat

         Bidang Bimbingan            :     Pribadi

         Jenis Layanan                    :     Informasi, Orientasi

         Isi Materi                           :     1. Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia
                                                         2. Penjenjangan Perguruan Tinggi
                                                         3. Pengelompokan Program Studi
        
         Penilaian                                  -     Laiseg
                                                         -     Laijapen
                                                         -     Laijapang
        
         Instrumen Penilaian          :     Angket

No
Pernyataan
Jawaban
Ya
Tidak
1.
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
Melanjutkan studi di perguruan tinggi
Prioritas pertama melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri
Prioritas kedua melanjutkan studi di perguruan tinggi swasta
Mengetahui system regionalisasi PTN di Indonesia
Melanjutkan studi pada program kependidikan
Melanjutkan studi pada program non kependidikan
Mengetahui sistem penjenjangan di PT
Mengetahui jenjang pendidikan S1, S2, S3
Mengetahui jenjang pendidikan diploma 3
Mengetahui jenjang pendidikan gelar non gelar
Mengetahui program pendidikan profesi
Mengetahui program pendidikan ikatan dinas
Memilih jurusan IPA sesusai dengan prestasi akademik
Memilih jurusan IPS sesusai dengan prestasi akademik






SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Tugas Perkembangan 6
(Mencapai Kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri
secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi.)

Sekolah                : SMA
Kelas/Semester   : X/1,2
Tahun                  :2005/2006

       A.  Bahasan/ Topik Permasalahan    : Belajar mengambil keputusan secara mandiri dalam bidang ekonomi.
       B. Bidang Bimbingan                       : Pribadi
       C. Jenis Layanan                              : Informasi
       D. Fungsi Layanan                           : Pemahaman
       E.  Kompetensi yang ingin dicapai    : Siswa mampu mengelola keuangan secara mandiri
       F.  Uraian Kegiatan
            1.  Strategi Penyajian                     :    a. Secara Klasikal : siswa merespon
                                                                       penjelasan Guru Pembimbing
                                                                        tentang cara mengelola
                                                                        keuangan secara efektif.

d.    Secara Kelompok : Guru Pembimbing memberikan tugas untuk mendiskusikan materi tentang cara mengelola keuangan secara efektif.

e.    Pengisian Format Penilaian tentang kemampuan mengelola keuangan secara efektif.
                                                                  
            2.  Materi                                      : 1.Cara-cara/kiat menggunakan uang secara efektif.
                                                                    2. Tips belanja hemat

       G. Tempat Penyelenggaraan             : Ruang kelas
       H. Alokasi Waktu                              : 1 x 45 menit
       I.   Pihak yang disertakan/Peran      : -
       J.  Alat dan Perlengkapan                 : OHP,Papan Tulis, Spidol, sumber yang relevan..
       K. Rencana Penilaian                       : Penilaian Proses
       L.  Rencana Tindak Lanjut                : a.  Konseling Individual
                                                                   b.  Konseling Kelompok          
       M. Catatan Khusus                           :
      
                                                                        …….., ……………...2004
       Kepala Sekolah                                        Guru Pembimbing



       ……………………..                                     ……………………….
       NIP                                                           NIP


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Tugas Perkembangan 6:
(Mencapai Kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri
secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi)

Sekolah                : SMA
Kelas/Semester   : XI/1,2
Tahun                  :2005/2006

A.    Bahasan/      Topik Permasalahan    : Berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari
B.    Bidang Bimbingan                            : Pribadi
C.    Jenis Layanan                                  : Informasi
D.    Fungsi Layanan                                : Pemahaman
E.    Kompetensi yang ingin dicapai         : Siswa mampu berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari
F.    Uraian Kegiatan
       1.  Strategi Penyajian                        : a. Secara Klasikal : siswa merespon penjelasan Guru Pembimbing tentang cara berpikir positif dan manfaat berpikir positif bagi kesehatan fisik dan mental
                                                                    b.Secara Kelompok : Guru Pembimbing memberikan tugas untuk mendiskusikan materi tentang cara berpikir positif dan manfaat berpikir positif bagi kesehatan fisik dan mental
                                                                    c.Pengisian Format Penilaian tentang cara berpikir positif dan manfaat berpikir positif bagi kesehatan fisik dan mental
       2.  Materi                                           : 1. Cara-cara berpikir positif
                                                                    2. Manfaat beprikir positif  bagi
                                                                      kesehatan fisik dan mental.
                                                                  
G.    Tempat Penyelenggaraan                  : Ruang kelas
H.    Alokasi Waktu                                   : 1x 45 menit
I.     Pihak yang disertakan/Peran           : -
J.    Alat dan Perlengkapan                     : OHP, Papan Tulis, Angket
K.    Rencana Penilaian                            : Laiseg, Laijapen, Laijapang
L.    Rencana Tindak Lanjut                    : a.  Bimbingan kelompok
                                                                   b.  Konseling kelompok
                                                                   c.  Konseling individual
M.   Catatan Khusus             :                 
      
                                                                        …….., ……………...2004
       Kepala Sekolah                                        Guru Pembimbing


       ……………………..                                     ……………………….
       NIP                                                           NIP


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Tugas Perkembangan 6:
(Mencapai Kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri
secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi)

Sekolah                : SMA
Kelas/Semester   : XII/1,2
Tahun                  :2005/2006

A.    Bahasan/      Topik Permasalahan    : Memilih teman dekat sebagai persiapan untuk memasuki kehidupan keluarga.
B.    Bidang Bimbingan                            : Pribadi
C.    Jenis Layanan                                  : Informasi
D.    Fungsi Layanan                                : Pemahaman
E.    Kompetensi yang ingin dicapai         : Siswa mampu memilih teman dekat sebagai persiapan memasuki kehidupan berkeluarga
F.    Uraian Kegiatan
       1.  Strategi Penyajian                        : a. Secara Klasikal : siswa merespon penjelasan Guru Pembimbing tentang Cara-cara bergaul dengan lawan jenis
                                                                   b.Secara Kelompok : Guru Pembimbing memberikan tugas untuk mendiskusikan materi tentang Cara-cara bergauldengan lawan jenis
                                                                   c.Pengisian Format Penilaian tentang Cara-cara bergaul dengan lawan jenis
                                                                  
       2.  Materi                                           : Cara-cara bergaul dengan lawan jenis.
                                                                   
G.    Tempat Penyelenggaraan                  : Ruang kelas
H.    Alokasi Waktu                                   : 1x 45 menit
I.     Pihak yang disertakan/Peran           : -
J.    Alat dan Perlengkapan  :                  OHP, Papan Tulis, Angket,buku yang relevan.
K.    Rencana Penilaian                            : Penilaian Proses
L.    Rencana Tindak Lanjut :                  a.    Bimbingan kelompok
                                                                   b.  Konseling individual
                                                                   c.  Konseling kelompok
      
M.   Catatan Khusus                                :
      

                                                                        …….., ……………...2004
       Kepala Sekolah                                        Guru Pembimbing



       ……………………..                                     ……………………….
       NIP                                                           NIP




PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK


      Tugas Perkembangan 6 : Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi
       Kelas/Semester        :    XI/1,2
       Topik Bahasan          :    Berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari
       Bidang Bimbingan    :    Pribadi
       Jenis Layanan          :    Informasi, Orientasi
       Isi Materi                   :    1. Cara-cara berpikir positif
                                              2. Manfaat berpikir positif bagi kesehatan fisik
                                                dan mental
       Penilaian                        -    Laiseg
                                              -    Laijapen
                                              -    Laijapang
       Instrumen Penilaian      :    Skala Sikap Likert

----------------------------------------------------------------------------------------------------

Petunjuk Mengerjakan Skala Sikap

Jawablah pernyataan di bawah ini dengan membubuhkan tanda checklist pada kolom yang sesuai dengan pilihan anda
Keterangan :
SS  : Sangat Setuju
S     : Setuju
TPP : Tidak Punya Pendapat
TS   : Tidak setuju
STS : Sangat Tidak Setuju

No.
Pernyataan
Jawaban
SS
S
TPP
TS
STS
1

2

3

4
5

6

7
8

9

10

11
12

13

14
15
Orang yang berpikiran positif selalu bangun pagi dengan perasaan senang.
Selalu melaksanakan aktivitas pagi dengan perasaan tenang
Selalu mengerjakan tugas atau pekerjaan dengan tidak mengeluh
Menyapa orang lebih dulu bila berpapasan
Tersenyum jika bertemu orang yang telah dikenal.
Menampakkan raut wajah yang tenang pada setiap situasi.
Selalu menghargai kelebihan orang lain
Tidak menyalahkan orang lain bila menemui kegagalan.
Mudah melakukan komunikasi dengan siapapun.
Ketika berkomunikasi dengan orang lain tidak memiliki perasaan negatif.
Tidak membicarakan kelemahan orang lain
Di dalam pergaulan tidak membeda-bedakan teman/orang.
Mudah memberikan pertolongan kepada orang yang memerlukannya.
Berempati pada penderitaan orang lain
Dapat mengendalikan emosi







Skoring :
1.   SS diberi skor              5
2.   S   diberi skor              4
3.   TPP diberi skor            3
4.   TS diberi skor              2
5.   STS diberi skor            1

Interprestasi Skor :
Skor maksimal     : 75
Median                                  : 36
Skor minimal                        : 5
Kelas Interval       : 75 – 5 = 60 : 3 = 20

1. Diatas rata-rata 56- 75      :Anda telah memiliki pola pikir yang positif dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi ini dapat menunjang kesehatan fisik dan mental sehingga kepribadian anda akan berkembang optimal.

2. Rata-rata  36 - 55              : Anda perlu mengembangkan pola pikir yang
                                              positif untuk mengembangkan kepribadian.

3. Dibawah rata-rata 15 - 35 : Anda harus belajar dan berlatih berpikir positif
                                              agar mencapai kematangan emosional.






PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK


      Tugas Perkembangan 6 : Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi
       Kelas/Semester        :    XII/1,2
       Topik Bahasan          :    Memilih teman dekat sebagai persiapan memasuki kehidupan Berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari
       Bidang Bimbingan    :    Pribadi
       Jenis Layanan          :    Informasi
       Isi Materi                   :    Cara-cara bergaul dengan lawan jenis
       Penilaian                        -    Laiseg
                                              -    Laijapen
                                              -    Laijapang
       Instrumen Penilaian      :    Angket

------------------------------------------------------------------------------------------------

Petunjuk mengerjakan Angket

Jawablah pernyataan di bawah ini dengan membubuhkan tanda checklist pada kolom yang sesuai dengan pilihan anda

No.
Pernyataan
Jawaban
Ya
Tidak
1
2

3

4

5
Apakah anda sudah mempunyai teman dekat ?
Apakah anda merasa cocok dengan teman dekat anda saat ini ?
Apakah anda memperoleh manfaat yang positif dari hubungan ini ?
Apakah anda dan teman dekat anda sudah merencanakan untuk berkeluarga ?
Apakah anda sudah mempersiapkan diri secara psikologis untuk memasuki kehidupan berkeluarga ?



Skoring :
Ya        = 1
Tidak   = 2

Interpretasi :
 Skor        5        :Secara emosional anda sudah matang untuk memasuki   kehidupan berkeluarga.

Skor di bawah 4   : anda belum matang secara emosional untuk memasuki kehidupan berkeluarga.                      




PENILAIAN KEBERHASILAN LAYANAN BK

      Tugas Perkembangan 6 : Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, social, intelektual, dan ekonomi
       Kelas/Semester        :    X/1,2
       Topik Bahasan          :    belajar mengambil keputusan secara mandiri dalam bidang ekonomi
       Bidang Bimbingan    :    Pribadi
       Jenis Layanan          :    Informasi
       Isi Materi                   :    1. Cara-cara/kiat menggunakan uang secara
                                                efektif.
                                              2.   Tips belanja hemat
       Penilaian                        -    Laiseg
                                              -    Laijapen
                                              -    Laijapang
       Instrumen Penilaian      :    Angket
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Petunjuk mengerjakan Angket

Jawablah pernyataan di bawah ini dengan membubuhkan tanda checklist pada kolom yang sesuai dengan pilihan anda

No.
Pernyataan
Jawaban
Ya
Tidak
1

2

3
4

5
6
7

8


9

10
Apakah anda diberi uang saku secara khusus oleh orang tua ?
 Apakah uang yang diberikan oleh orang tua anda cukup untuk memenuhi keperluan anda ?
Dapatkah anda mengatur keuangan dengan baik ?
Apakah anda bisa menyisihkan uang saku yang diberikan orang tua anda ?
Bila uang saku anda bersisa, apakah anda tabung ?
Apakah anda sering pergi berbelanja ?
Apakah anda membeli barang-barang sesuai dengan kebutuhan anda ?
Jika ada jenis barang yang menarik perhatianmu, padahal anda tidak membutuhkannya, apakah anda akan membelinya ?
Jika anda pergi ke swalayan atau toko, apakah anda sering membeli jenis makanan ringan/cemilan ?
Apakah anda membeli baju setiap bulan ?




Skoring :
Ya        : 1
Tidak   : 0

Interpretasi :
Skor maksimal     : 10
Skor rata-rata       :   5

1. Skor di atas rata-rata      : Anda sudah dapat mengelola keuangan secara  efektif.
2. Skor rata-rata                 : Anda perlu meningkatkan kemampuan anda dalam mengelola keuangan
3. Skor di bawah rata-rata : Anda perlu belajar cara mengelola keuangan  secara efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar