Pages

Jumat, 11 Februari 2011

CONTOH PROPOSAL ACARA


SOSIALISASI  DAN  WORKSHOP
BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK
BAGI SISWA DAN GURU PEMBIMBING
TINGKAT SMP/SMA SE KOTA PEKANBARU

A. Latar Belakang
Keberadaan Layanan Bimbingan dan Konseling telah diakui secara eksplisit dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dengan disebutkannya kata-kata “konselor” sebagai salah satu tenaga pendidik. Konselor dituntut untuk melakukan pelayanan Bimbingan dan Konseling guna mengoptimalkan potensi klien khususnya dan peserta didik pada umumnya. Pelayanan Bimbingan dan Konseling itu sendiri dilakukan dengan format individual maupun kelompok dan klasikal. Salah satu layanan yang dilakukan adalah Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok.
Bimbingan dan Konseling Kelompok adalah kegiatan yang membicarakan hal-hal yang bersifat umum yang ada di luar anggota kelompok yang di anggap penting, bermanfaat untuk mencapai kehidupan sehari-hari yang efektif dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, wawasan, pengalaman anggota kelompok, tentang topik yang dibicarakan. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi. Karena dengan membahas topik dalam kelompok, anggota kelompok terlatih mengemukakan pendapat, ide, dan menanggapi pendapat orang lain dengan baik, sopan, dan tenggang rasa. Jadi Bimbingan dan Konseling Kelompok akan membantu mengembangkan diri anggota kelompok dari aspek kognitif, afektif dan psikomotoriknya, yang di pimpin oleh pemimpin kelompok yaitu Konselor.
Bimbingan dan Konseling Kelompok merupakan kegiatan yang membicarakan masalah pribadi yang dialami anggota kelompok dalam berbagai bidang kehidupan (pribadi, sosial, belajar, karir, keberagamaan dan kehidupan berkeluarga) guna dicarikan solusi atau jalan keluarnya dengan memanfaatkan dinamika kelompok. Selain dibicarakannya masalah pribadi dan terentaskannya masalah pribadi anggota kelompok, kegiatan ini juga bertujuan menambah wawasan anggota kelompok tentang permasalahan, melatih kemampuan berkomunikasi, dan kemampuan berempati serta mengasah nurani anggota kelompok untuk peduli pada orang lain. Dengan dibicarakannya masalah pribadi dalam kelompok yang di bahas dan dicarikan jalan keluar oleh anggota kelompok lainnya, akan terbina keakraban dan persaudaraan.
Kedua kegiatan ini, Bimbingan dan Konseling Kelompok merupakan primadona layanan BK di masa yang akan datang. Hal ini karena efektifitas dan efisiensi dari kedua layanan tersebut. Dalam waktu tertentu beberapa permasalahn dan topik dapat dibicarakan, dengan jumlah klien yang lebih banyak. Ini didukung pula oleh kondisi banyaknya permalasahan yang terjadi di sekolah dan di masyarakat yang perlu dibicarakan secara musyawarah dan disikapi dengan bijak. Misalnya akhir-akhir ini banyak terjadi tawuran dan kekerasan di kalangan pelajar. Kondisi merosotnya moral generasi muda dan maraknya beredar informasi di media massa dan elektronik yang merusak. Semua kondisi itu perlu pemahaman, pembicaraan dan disikapi dengan tepat sehingga ada solusi atau tindakan tepat yang harus dilakukan oleh setiap individu yang terkena imbas permasalahan tersebut. Individu yang dimaksud jika di lembaga pendidikan formal tentu adalah siswa/peserta didik.
Berkenaan dengan itu, konsentrasi Bimbingan dan Konseling jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau yang telah berdiri sejak tahun 2005 dan saat ini memiliki mahasiswa dengan jumlah lebih dari 200 orang, telah menjadikan Bimbingan dan Konseling Kelompok sebagai salah satu mata kuliah yang harus diikuti oleh mahasiswa. Bahkan keterampilan melaksanakan Bimbingan dan Konseling Kelompok menjadi salah satu kompetensi dasar yang harus di miliki mahasiswa agar dapat menjadi konselor.
Sebagai pencetak calon konselor, konsentrasi Bimbingan dan Konseling Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau perlu mensosialisasikan kegiatan Bimbingan dan Konseling Kelompok kepada pihak Sekolah. Hal ini dalam rangka membina kerjasama guna mewujudkan “link and match” antara Perguruan Tinggi dengan pemakai jasa dalam hal ini pihak sekolah yang akan mengangkat konselor dan guru pembimbing. Bagi sekolah yang sudah memiliki konselor sekolah/guru pembimbing maka kerja sama perlu dilakukan terutama dalam bentuk penyediaan fasilitas dan tempat latihan/praktik BK bagi mahasiswa. Untuk maksud di atas, konsentrasi Bimbingan dan Konseling Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau menyelenggarakan  kegiatan Sosialisasi dan Worskhop Bimbingan dan Konseling Kelompok Bagi Siswa dan Guru Pembimbing Tingkat SMP/SMA se Kota Pekanbaru.
B. Tujuan
Kegiatan Sosialisasi dan Workshop Bimbingan dan Konseling Kelompok bagi Siswa dan Guru Tingkat SMP/SMA se kota Pekanbaru betujuan:
1.      Mensosialisasikan pelaksanaan kegiatan Bimbingan dan Konseling kelompok sebagai primadona layanan BK
2.      Mensosialisasikan keberadaan konsentrasi Bimbingan dan Konseling jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau di mana konsentrasi Bimbingan dan Konseling telah memiliki kemampuan melaksanakan kegiatan Bimbingan dan Konseling Kelompok.
3.      Terjalinnya kerja sama sekolah/madrasah dengan konsentrasi Bimbingan dan Konseling Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau dalam pelaksanaan pelayanan konseling bagi siswa. Terutama menyediakan fasilitas tempat dan dukungan bagi praktik lapangan mahasiswa nantinya.
4.      Menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman guru pembimbing di sekolah/madrasah tentang Bimbingan dan Konseling Kelompok.
C. Sasaran
1.      Siswa SMP/SMA se Kota Pekanbaru
Setiap sekolah/madrasah diminta untuk mengutus siswa sebanyak 10 orang untuk mengikuti kegiatan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Diperkirakan di Kota Pekanbaru ada lebih kurang 20 SMP/SMA, sehingga siswa yang akan mengikuti kegiatan ini berjumlah lebih kurang 200  orang.
2.      Guru pembimbing tingkat SMP/SMA se Kota Pekanbaru
Setiap sekolah/madrasah diminta mengutus guru pembimbing yang bertugas di sekolah/madrasah tersebut. Target pengutusan dari sekolah/ madrasah yakni 2-5 orang Guru Pembimbing.
3.      Mahasiswa konsentrasi Bimbingan dan Konseling Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Mahasiswa konsetrasi Bimbingan dan Konseling yang diikut sertakan pada hari pertama sejumlah 65 orang dan pada hari kedua dikondisikan berapa banyak peserta yang mendaftar dan ditambah jumlah anggota panitia.
4.      Dosen Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau sebanyak 12 orang.
5.      Kepala sekolah/madrasah pada hari kedua untuk menjalin kerja sama sebanyak 20 orang.
6.      Sasaran kegiatan seluruhnya diperkirakan 450 orang.



D.  Kegiatan

Kegiatan dilaksanakan dalam dua bentuk :
1.      Sosialisasi
Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan menampilkan kemampuan mahasiswa konsentrasi Bimbingan dan Konseling Jurusan Kependidikan Islam UIN Suska Riau dalam menyelenggarakan Bimbingan dan Konseling Kelompok dan pembicaraan tentang kerja sama antara Konsentrasi Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau dengan pihak sekolah/madrasah.
2.      Workshop
Kegiatan workshop diikuti oleh guru pembimbing dengan menjadi pengamat dan terlibat langsung dalam pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Kelompok yang diselenggarakan oleh mahasiswa dengan siswa. Setelah itu didiskusikan bersama narasumber.

E.     Pelaksanaan Kegiatan
1.      Tempat dan Waktu
Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan dalam dua hari, hari pertama kegiatan  Sosialisasi dan hari kedua  untuk Workshop. Kegiatan akan laksanakan di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIN Suska Riau pada :
Hari/tanggal    : Selasa dan Rabu, 1 dan 2 Maret 2011
Pukul               : Hari pertama (08:00 s/d 16:00 WIB)
  Hari kedua    (08:00 s/d 12:00 WIB)
2.      Susunan Acara/kegiatan
Hari
Pukul
Kegiatan
Pelaksana
Pertama
Selasa,
1 Maret 2011
08.00- 10.00

10.00-12.00




12.00- 13.00

13.00- 16.00
Pembukaan

Pelaksanaan Bimbingan kelompok oleh Mahasiswa dan Siswa serta guru Pembimbing

Soliskan

Pelaksanaan Bimbingan kelompok oleh Mahasiswa dan Siswa serta guru Pembimbing
Panitia

Mahasiswa Konsentrasi Bimbingan dan Konseling

Panitia

Mahasiswa Konsentrasi Bimbingan dan Konseling
Kedua
Rabu,
2 Maret 2011
08.00- 10.30




10.30- 11.00


11.00- 11.30
Analisis Pelaksanaan Bimbingan dan konseling kelompok secara teoritis dan praktis

MOU Konsentrasi BK dengan Sekolah/Madrasah

Penutupan
Narasumber




Panitia


Panitia

F.     Pendanaan
Untuk menyukseskan pelaksanaan kegiatan Sosialisasi dan Worskhop Bimbingan dan Konseling Kelompok Bagi Siswa dan Guru Pembimbing Tingkat SMP/SMA se Kota Pekanbaru ini diperlukan dana sebesar                Rp 29.460.000,- (Dua Puluh Sembilan Juta Empat Ratus Enam Puluh Ribu Rupiah)

1.      Pemasukan
Sumber dana masuk berasal dari:
a.       Kontribusi Sekolah:
- Guru Pembimbing Rp. 150.000,- x @40 Orang Rp.      6.000.000,-
- Siswa Rp. 20.000,- x @200 Orang                     Rp.      4.000.000,-
b.      Iuran Panitia 65 Orang x Rp. 50.000                    Rp.       3.250.000,- -
      TOTAL PEMASUKAN                               Rp.    13.250.000,-

2.      Pengeluaran
Pengeluaran dana terdiri dari dari beberapa bidang/bagian:
Kesekretariatan                                                           Rp.      2.330.500,-
Perlengkapan                                                               Rp.      5.960.000,-
Dokumentasi                                                               Rp.         770.000,-
Konsumsi                                                                    Rp.     15.750.000,-
Acara                                                                           Rp.       3.950.000,-
Transportasi                                                                 Rp.          700.000,-
      TOTAL PENGELUARAN                         Rp.     29.460.000,-
Adapun rincian pengeluaran sebagai berikut:



RINCIAN PENGELUARAN
No
KEPERLUAN BIDANG
Frekuensi
Satuan
Harga Satuan
TOTAL
I
Kesekretariatan
1
Kertas HVS
1
Beli
2
Rim
Rp
30.000
Rp
60.000
2
Spidol
1
Beli
1
Kotak
Rp
17.500
Rp
17.500
3
Amplop Putih
1
Beli
2
Kotak
Rp
9.000
Rp
18.000
4
Surat Undangan
1
Beli
30
Lembar
Rp
500
Rp
15.000
5
ID Card Panitia dan Peserta
1
Beli
450
Unit
Rp
4.000
Rp
      1.800.000
7
Stempel Warna
1
Beli
1
Unit
Rp
35.000
Rp
35.000
8
Buku Registrasi
1
Beli
5
Buah
Rp
5000
Rp
25.000
9
Balpoint
1
Beli
2
Kotak
Rp
15.000
Rp
30.000
10
Perbanyak Proposal
1
Beli
30
Rngkp
Rp
10.000
Rp
300.000
11
Kwitansi
1
Beli
3
Buku
Rp
10.000
Rp
30.000
TOTAL
Rp
2.330.500
II
Perlengkapan








1
Spanduk
1
Beli
   2
Buah
Rp
200.000
Rp
400.000
2
Pamflet Sosialisasi
1
Kali
100
Lembar
Rp
1000
Rp
100.000
3
Persiapan Senam Logo Konseling
1
Kali
10
Orang
Rp
20.000
Rp
200.000
4
Gedung dan Pelengkapannya
2
Hari
1
Gedung
Rp
250.00
Rp
500.000
5
Baju Panitia dan 3 dosen
1
Beli
68
Org
Rp
70.000
Rp
4.760.000
TOTAL
Rp
5.960.000
III
Dokumentasi








1
Cetak foto
1
Kali
3
Paket
Rp
100.000
Rp
300.000
2
Sewa Handycam
2
Hari
1
Unit
Rp
250.000
Rp
500.000
TOTAL
Rp
770.000
IV
Konsumsi








1
Makan peserta, Panitia dan Undangan hari pertama
1
Hari
450
Paket
Rp
15.000
Rp
6.750.000
2
Makan Panitia dan Dosen Hari ke dua
1
Hari
80
Paket
Rp
15.000
Rp
1.200.000
2
Snack Peserta, Panitia dan Undangan
3
Kali
1350
Paket
Rp
5.000
Rp
6.750.000
3
Buah-buahan
2
Hari
6
Kg
Rp
25.000
Rp
150.000
4
Air mineral Botol
2
Hari
250
Botol
Rp
3.000
Rp
750.000
5
Air mineral Cup
2
Hari
10
Kardus
Rp
15.000
Rp
150.000
TOTAL
 Rp
15.750.000


V
Acara








1
Narasumber
1
Hari
3
Org
Rp
500.000
Rp
1.500.000
2
Moderator
1
Hari
1
Org
Rp
200.000
Rp
200.000
3
Plakat Pembicara
1
Beli
3
Org
Rp
150.000
Rp
450.000
5
Sertifikat Peserta dan Panitia
1
Beli
450
Exp
Rp
4.000
Rp
1.800.000
TOTAL

Rp
3.950.000
VI
Transportasi








1
Transportasi penyebaran proposal
4
Hari
10
Orang
Rp
40.000
Rp
400.000
2
Transportasi penyebaran undangan
3
Hari
10
Orang
Rp
30.000
Rp
300.000
TOTAL

Rp
700.000
TOTAL PENGELUARAN KEGIATAN


Rp
29.460.000

3.      Rekapitulasi
a.       Pemasukan                        = Rp    13 .250.000,-
b.      Pengeluaran                       = Rp    29 .460.000,-
c.       Kekurangan                       = Rp    16. 000.000,-
G.  Kepanitiaan
Kegiatan ini dilaksanakan oleh suatu kepanitiaan yang terdiri dari 65 orang dengan susunan sebagaimana terlampir. Adapun Panitia merupakan Mahasiswa/ Mahasiswi Bimbingan dan Konseling        UIN SUSKA Riau angkatan 2008. Kepanitiaan ini terdiri dari beberapa bidang yang meliputi bidang Acara, bidang HUMAS, bidang Pendanaan, Bidang Perlengkapan dan Dokumentasi.







H. Penutup
Demikianlah rencana kegiatan ini disampaikan, dengan harapan memperoleh tanggapan positif dan bantuan yang memadai dari semua pihak.

Pekanbaru, 6 Januari 2011

Panitia Pelaksana Sosialisasi dan Workshop Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok


Eko Sujadi                                                              Julia Suryani
Ketua,                                                                      Sekretaris,
                                                                                                            


 Mengetahui


Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan                   Ketua Jurusan KI,
UIN Sultan Syarif Kasim Riau




Dr. Hj. Helmiati, M.Ag.                                            Drs. M. Hanafi, M.Ag.
NIP. 19700222 199703 2 001                                                NIP. 19610618 199203 1 002









SUSUNAN PANITIA KEGIATAN SOSIALISASI DAN WORKSHOP
BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK
BAGI SISWA DAN GURU PEMBIMBING
TINGKAT SMP/SMA SE KOTA PEKANBARU


NO
NAMA
JABATAN
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
57
58
59
60
61
62
63
64
65
66
67
Drs. M. Hanafi, M.Ag
Amirah Diniaty, M.Pd, Kons
Eko Sujadi
Raja Rahima MRA
Julia Suryani
Nuraini Safitri
Pingkan Lilis Setiawati
M. Sibaril Majedi
Suci Lia Sari
Siti Salamah
Yuyun Yuningsih
Lilis Ramaini
Zuriatul Khairi
Nurhidayati
Siti Rofiah
Nurhasanah
Risman
Jumilah Susanti
Santi Triani
Intan Komala Sari
Brikos Dian Saputra
Afrinaldo
Misran
Sri Wahyuni Safitiri
Dona Erika
Yusna Deli
Tabrani
Rita Yati
Doni Wisli Thomas
Mirda Juliani
Siska Rahma
Devi Ratnasari
Liza Novilawanti
Amril Nurman
Petro Anggriawan
Yeni Gusrianti
Kamalia
Reni Muliati
Lina Afrida
M.Asnan Hamdani
Hayatun Nufus
Silvia Harlena
Wirman Susandi
Meri Andayani
Irfan Abdullah
Oktora Nopriadi
Marlinda
Yenita sari
Zuli Afrida Wati
Abdul Latif
Fitri Nursalmah
Hendra Zulefendi
Ali akbar
Nurazmani
Putri Andayani
Yahya
Robiatul Adawiyah
Lili Suryani
Susanti
Ratna
Gusmeri
Dwi Nopria Ningsih
Salma Fatmawati
Kuspini
Budiman
Mukhtar
Rosita
Pelindung (Ketua Jurusan KI)
Penanggung Jawab (Dosen KI)
Ketua
Wakil Ketua
Sekretaris I
Sekretaris II
Bendahara
Koordinator Seksi Acara
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Koordinator Seksi Perlengkapan dan Dokumentasi
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Koordinator Seksi Humas
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Koordinator Seksi Pendanaan
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Koordinator Seksi Konsumsi
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota
Anggota


       DI TETAPKAN DI PEKANBARU
       PADA TANGGAL 6 JANUARI 2011
       Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan                
                                                                   UIN Sultan Syarif Kasim Riau




       Dr. Hj. Helmiati, M.Ag.                                                
       NIP. 19700222 199703 2 001                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar